Total Tayangan Halaman

Senin, 17 April 2017

JURNAL PTK : OLEH : ST. KOMALA SARI, S.Pd. SDN 10 ALAS - SUMBAWA

Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menjawab Isi Dongeng Materi Pokok Menanggapi Cerita Dengan Menggunakan Bahasa Indonesia Dengan Baik Melalui Bimbingan Dan Latihan Pada Siswa Kelas III Di SDN 10 Alas Kecamatan Alas Tahun Pelajaran: 2015/2016.

Siti Kamalasari, S.Pd.

ABSTRAK

Kata Kunci: ongeng, bimbingan dan latihan.

Pembelajaran yang berhasil ditunjukkan oleh dipahaminya materi pelajaran oleh siswa, tingkat penguasaan materi pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 10 Alas Kecamatan Alas pada semester genap tahun 2015 masih standar, terutama dalam menjawab isi dongeng. Kesulitan yang sering terlihat pada siswa khususnya dalam menjawab isi dongeng, siswa tidak bisa memahami isi dongeng sehingga siswa kesulitan menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan isi dongeng. Beberapa kali pemberian tugas pada mata pelajaran Bahasa Indonesoa dalam menjawab isi dongeng dengan menggunana Bahasa Indonesia yang benarhanya 5 anak dari 23 siswa atau hanya 23% saja, sedangakan 18 siswa yang lainnya atau masih 77% masih belum menguasai materi.
Berdasarkan alasan tersebut, peneliti meminta bantuan teman sejawat untuk mengidentifikasi kekurangan setelah pembelajaran dilaksanakan. Hasil diskusi dengan teman sejawat ditemukan beberapa masalah yang terjadi dalam pembelajaran antara lain: (1). siswa tidak bisa memahami isi dongeng, sehingga mengalami kesulitan dalam menjawab isi dongeng, (2). siswa kurang berani mengajukan pertanyaan dan (3) tingkat penguasaan siswa dalam memahami Bahasa Indonesia dan mengembangkan kosa kata masih rendah.
Untuk meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi pelajaran, penulis melaksanakan perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas.
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, rumusan masalah penelitian ini sebagai berikut: Bagaimanakah meningkatkan kemampuan siswa dalam menjawab isi dongeng dengan menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik melalui bimbingan dan latihan pada siswa kelas III di SD Negeri 10 Alas Tahun Pelajaran 2015/2016?
Untuk menjawab rumusan masalah tersebut, maka dilakukan penelitian dengan subyek 23 orang siswa SD Negeri 10 Alas Kecamatan Alas kelas III. Pengambilan data menggunakan tes tulis dan perbuatan, serta dokumentasi. Penelitian dilakukan dengan tiga siklus. Setiap siklus dilakukan perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan tindakan secara berurutan berupa: pembelajaran melalui bimbingan dan latihan.
Untuk mengetahui keberhasilan dan kegagalan siswa, peneliti perlu mengadakan tes formatif tentang contoh fungsi mata angin, petun-juk penggunaan matahari, kompas sebagai acuan mencari arah. Siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM yaitu 65 ke atas bisa dikatakan siswa yang berhasil dalam pembelajaran yaitu sebanyak sebelas anak.
Siswa yang mendapat nilai dibawah KKM dikatakan gagal dalam pembelajaran yaitu sebanyak enam anak. Maka dari hasil tersebut, peneliti merencanakan perbaikan pembelajaran II untuk meningkatkan keberhasilan pembelajaran.
Untuk mengetahui keberhasilan dan kegagalan siswa, peneliti perlu mengadakan tes formatif tentang mencari arah mata angin menggunakan kompas dan matahari sebagai acuan penunjuk arah. Siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM yaitu 65 ke atas bisa dikatakan siswa yang berhasil dalam pembelajaran yaitu sebanyak 19 anak.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar