Sistematika Laporan Penelitian
Tindakan Kelas
Sistematika Laporan PTK
yang dimaksud adalah :
A. Bagian Pembuka
Bagian pembuka
§ Halaman judul
§ Lembar pengesahan
§ Berita acara seminar (baru)
§ Kata pengantar
§ Daftar isi
§ Daftar tabel
§ Daftar gambar
§ Daftar lampiran
§ Abstrak/Ringkasan
B. Bagian Isi
Bab I Pendahuluan
– Latar Belakang Masalah
– Identifikasi Masalah
– Perumusan Masalah dan Cara Pemecahan Masalah
(mengemukakan rencana jenis tindakan yang akan dilakukan)
– Tujuan Penelitian
– Manfaat Hasil Penelitian
– Latar Belakang Masalah
– Identifikasi Masalah
– Perumusan Masalah dan Cara Pemecahan Masalah
(mengemukakan rencana jenis tindakan yang akan dilakukan)
– Tujuan Penelitian
– Manfaat Hasil Penelitian
Bab II Kajian Pustaka
Kajian teori / pustaka
yang berisi uraian tentang kajian teori dan pustaka tentang apa, bagaimana dan
mengapa kegiatan tindakan dilakukan.
Bab III Metodologi / Metode
Penelitian
– Objek Penelitian
– Setting / Lokasi / Subjek Penelitian
o Jenis Tindakan
o Tempat Penelitian
o Kelas yang Diteliti
– Metode Pengumpulan Data
– Metode Analisis Data
– Cara Pengambilan Kesimpulan
– Setting / Lokasi / Subjek Penelitian
o Jenis Tindakan
o Tempat Penelitian
o Kelas yang Diteliti
– Metode Pengumpulan Data
– Metode Analisis Data
– Cara Pengambilan Kesimpulan
Bab IV Hasil Penelitian
– Gambaran selintas tentang setting
(menggambarkan kondisi awal sebelum PTK)
– Uraian penelitian secara umum – keseluruhan
– Penjelasan per siklus, data lengkap tiap siklus
– Perubahan pada siswa, guru dan kelas
– Proses menganalisa data
– Pembahasan seluruh siklus dan pengambilan kesimpulan
– Gambaran selintas tentang setting
(menggambarkan kondisi awal sebelum PTK)
– Uraian penelitian secara umum – keseluruhan
– Penjelasan per siklus, data lengkap tiap siklus
– Perubahan pada siswa, guru dan kelas
– Proses menganalisa data
– Pembahasan seluruh siklus dan pengambilan kesimpulan
C. Bagian Penunjang / Penutup
Penjelasan
Penjelasan
Bagian Awal
1. Sistematika sesuai dengan yang disepakatii oleh Tim Penilai
2. Judul PTK setidaknya memuat 2W + H
3. Surat Ijij Penelitian ditandatangani oleh Kepala Sekolah tempat guru bertugas
4. Lembar Pengesahan oleh Kepala Sekolah dan Petugas Perpustakaan tempat guru bertugas
5. Surat Keterangan Telah Melaksanakan Penelitian ditandatangani oleh Kepala Sekolah tempat guru bertugas
6. Kata Pengantar setidaknya mengucapkan Puji Syukur kehadirat Tuhan YME (Allah SWT) dan kepada pihak yang turut membantu/memfasilitasi keterlaksanaan penelitian
7. Penanggalan, penomoran dantara Surat Ijin Penleitian dengan Lembar Pengesahan, Kata Pengantar rentangnya proporsional sesuai dengan lama berlangsungnya penelitian.
1. Sistematika sesuai dengan yang disepakatii oleh Tim Penilai
2. Judul PTK setidaknya memuat 2W + H
3. Surat Ijij Penelitian ditandatangani oleh Kepala Sekolah tempat guru bertugas
4. Lembar Pengesahan oleh Kepala Sekolah dan Petugas Perpustakaan tempat guru bertugas
5. Surat Keterangan Telah Melaksanakan Penelitian ditandatangani oleh Kepala Sekolah tempat guru bertugas
6. Kata Pengantar setidaknya mengucapkan Puji Syukur kehadirat Tuhan YME (Allah SWT) dan kepada pihak yang turut membantu/memfasilitasi keterlaksanaan penelitian
7. Penanggalan, penomoran dantara Surat Ijin Penleitian dengan Lembar Pengesahan, Kata Pengantar rentangnya proporsional sesuai dengan lama berlangsungnya penelitian.
BAB I
8. Latar belakang
masalah menguraikan dari yang umum ke yang khusus sampai menuku kepada apa yang
dipermasalahkan
9. Tujuan dan manfaat penelitian ada kaitannya dengan judul penelitian
10. Perumusan masalah merupakan kalimat pertanyaan dari judul
11. Ada indikator Keberhasilan
9. Tujuan dan manfaat penelitian ada kaitannya dengan judul penelitian
10. Perumusan masalah merupakan kalimat pertanyaan dari judul
11. Ada indikator Keberhasilan
BAB II
12. Setidaknya ada 3 sub bab, yaitu :
A. Teori yang menguraikan tentang variabel masalahnya
B. Teori yang menguraikan tentang variabel tindakannya
C. Kerangka berfikir (mengaikan variabel a dan b)
D. Hipotesis (berupa kalimat pernyataan)
12. Setidaknya ada 3 sub bab, yaitu :
A. Teori yang menguraikan tentang variabel masalahnya
B. Teori yang menguraikan tentang variabel tindakannya
C. Kerangka berfikir (mengaikan variabel a dan b)
D. Hipotesis (berupa kalimat pernyataan)
BAB III
13. Menjelaskan jenis
penelitian, banyaknya siklus, tempat dan waktu penelitian serta subyek
penelitian
14. Siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
15. Setiap siklus terdiri dari 3 sd. 5 kali pertemuan
14. Siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
15. Setiap siklus terdiri dari 3 sd. 5 kali pertemuan
BAB IV
16. Memaparkan hasil penelitian / pengamatan secara keseluruhan
16. Memaparkan hasil penelitian / pengamatan secara keseluruhan
BAB V
17. Menarik keseimpulan yang ada hubungannya (benang merahnya) dengan judul, latar belakang masalah, rumusan masalah penelitian, serta tujuan penelitian.
18. Saran disampaikan kepada instansi yang terkait
17. Menarik keseimpulan yang ada hubungannya (benang merahnya) dengan judul, latar belakang masalah, rumusan masalah penelitian, serta tujuan penelitian.
18. Saran disampaikan kepada instansi yang terkait
DAFTAR PUSTAKA
19. Mencantumkan buku
yang dipergunakan untuk membahas permasalahan dan teori dalam penelitian
LAMPIRAN
20. Melampirkan instrumen yang digunakan dalam penelitian, setidaknya : RPP, daftar hadir siswa, hasil belajar/pengamatan, surat keterangan telah melaksanakan penelitian, dan foto KBM.
20. Melampirkan instrumen yang digunakan dalam penelitian, setidaknya : RPP, daftar hadir siswa, hasil belajar/pengamatan, surat keterangan telah melaksanakan penelitian, dan foto KBM.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar